Selasa, 19 Oktober 2010

Senin, 18 Oktober 2010

SEJARAH PERKEMBANGAN TAFSIR ERA PERTENGAHAN

Oleh: Moh.Tarib
PENDAHULUAN
            Kajian sejarah tafsir dikalangan sarjana muslim dimulai oleh Imam As-Suyuti dengan karyannya Thabaqat al- Mufassirin. Kemudiaan dilanjutkan oleh sarjana Barat, Ignaz Goldziher dengan tulisannya yang berjudul Madzahib at-Tafsir al-Islami.  Dari kalangan muslim berikutnya adalah Muhammad Husain adz-Dzahabi dalam at-Tafsir wal Mufassirun. Dari karya-karya tersebut  kita dapat mengambil informasi tentang sejarah perkembangan tafsir, walaupun karya-karya itu  perlu dikritisi lebih lanjut.
            Khazanah tafsir al-Qur’an dari masa kemasa selalu mengalami perkembangan dan perubahan serta memiliki karakteristik dan corak yang unik sehingga ada nuansa yang berbeda. Hal demikian tidak lepas dari faktor sejarah, politik dan perkembangan ilmu pengetahuan pada saat itu.
            Dalam makalah ini dirumuskan beberapa permsalahan yang terkait dengan permasakahan diatas , yaitu: Bagaimana perkembangan Tafsir Era Pertengahan, dan apa saja corak serta karakteristik penafsiran pada saat itu?

PEMBAHASAN
Tinjauan Historis                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                              
Era pertengahan merupakan zaman keemasan dalam sejarah peradaban Islam dimana ilmu pengetahuan berkembang pesat seiring dengan masuknya cabang ilmu pengetahuan yang berasal dari luar (baca : Yunani, Eropa) seperti Filsafat dan cabang ilmu yang lain. Filsafat memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap tokoh-tokoh muslim sehingga bersentuhan dengan cabang ilmu keislaman sendiri seperti fiqh, tasawuf, kalam baik dalam hal dinamika.
Pada pemerintahan Daulah Abbasiyah perkembangan peradaban manusia khususnya ilmu pengetahuan mendapat perhatian yang serius oleh pemerintah. Perhatian pemerintah terhadap kemajuan ilmu pengetahuan diwujudkan dengan penerjemahan buku-buku ilmiah atau pengiriman delegasi ilmiah ke pusat-pusat ilmu pengetahuan dunia yang terkenal, maupun dibukakannya forum-forum ilmiah terbuka yang dihadiri oleh seluruh ilmuwan.[1]
     
            Forum dialog antar ilmuwan ini memicu arogansi keilmuwan yang mengantarkan pada  perdebatan yang berakhir dengan saling mendiskreditkan satu sama lain. Kelompok mutakallimin  adu argimentsi dengan penggemar filsafat, antar ahli kalam dengan ahli hadits. Yang lebih tragis lagi adalah perdebatan yang berakhir dengan pembunuhan. Contoh Pereselisihan yang terjadi diantara ulama sunni mayoritas  dengan kaum rasionalis (Ahl al-Ra’y)  minoritas memunculkan perlawanan dengan cara kekerasan serta luapan kemarahan  hingga terjadi luapan darah.[2]  
Goldziher mengatakan bahwa : Terjadinya perselisihan dalam  penafsiran ternyata tidak hanya melibatkan para ulama saja, naumn juga, orang-orang bodoh, hingga partai-partai dan golongan-golongan yang perselisihannya menyebabkan pembunuhan dan pemenggalan. Para pengikut fanatis Hanbali memprovokasi emosi khalayak untuk berpaling dari para pembaharu yang membuat ragu-ragu dalam agama dan terjerumus dalam konflik teologis.