Selasa, 16 Maret 2010

HADIS TENTANG MAHAR

Sepakat

A.  Pendahuluan
            Mahar sudah berlaku pada masa bangsa Arab pra Islam, mahar pada saat itu dimaknai sebagai harga dari wanita dan  syarat bagi pria yang akan mengawininya. Mahar ketika pra Islam bukan hak milik calon istri, tetapi mahar itu hak orang tua si perempuan. Permpuan yang sudah dinikahi dengan jumlah mahar sekian, sang suami berhak penuh atas istrinya, orang tua tidak berhak lagi atas anak perempuannya, Karena sudah dibeli dengan mahar yang telah disepakati. Jadi mahar pada zaman Pra Islam sebagai transaksi jual beli perempuan. Kemudian Islam meluruskan dengan petunjuk Al-Qur’an, yang semula mahar adalah nilai jual perempuan kepada pria yang membayarnya. Diganti dengan konsep yang lebih bermakna, yaitu sebagai rasa kasih sayang antara keduanya dan sebagai wujud tanggung jawab dan kesungguhan suami kepada istrinya.

            Dalam makalah ini akan membahas berbagai aspek hadis tentang mahar yang mencakup: Pengertian, hukum, kadar mahar, dan tujuannya, Karena dalam proses pernikahan mahar menjadi salah satu syarat syah atau tidaknya pernikahan tersebut. Kemudian berapa? Dan Apa? Yang akan diberikan kepada calon istri ketika akan melakukan pernikahan. Oleh karena itu tilisan ini mengajak pembaca untuk mendiskusikan hadis tentang mahar yang akan dipaparkan dalam pembahasan berikut.



B.  Pembahasan

1.   Pengertian Mahar dan Dasar Hukumnya

Mahar atau mas kawin dalam bahsa Arab, al-mahr, an-nihlah,al-faridhah, ash shadaq dan an nikah. Secara etimologi mahar diartikan mas kawin, secara terminologi mahar  adalah suatu pemberian yang wajib dari calon suami kepada calon istri. Prof. Dr. Zakiah Daradjat memberikan definisi bahwa: Mahar atau maskawin adalah harta pemberian dari mempelai perempuan yang merupakan hak si istri dan sunat disebutkan ketika akad nikah berlangsung. Mahar itu adalah pemberian dari calon mempelai pria kepada calon memepelai wanita baik berbentuk barang, uang maupun jasa yang tidak bertentangan dengan agama Islam.  Calon mempelai pria wajib membayar mahar kepada calon mempelai wanita  yang jumlah, bentuk dan jenisnya disepakati kedua belah pihak. Apabila sudah disepakati bentuk, jumlah dan jenisnya maka dengan sendirinya mahar tersebut mengikat kedua belah pihak.

Jadi mahar adalah kewajiaban mempelai laki-laki kepada mempelai perempuan ketika akan menikah, mahar merupakan hak perempuan sebagaimana firman Allah:

Berikanlah maskawin (mahar) kepada wanita (yang kamu nikahi) sebagai pemberian dengan penuh kerelaan. Kemudian jika mereka menyerahkan kepada kamu sebagian dari maskawin itu dengan senang hati, Maka makanlah (ambillah) pemberian itu (sebagai makanan) yang sedap lagi baik akibatnya.”(An Nisa: 4).

Pada ayat diatas Allah menggunakan kata Shaduqat dan tidak menngunakan kata-kata mahar, dan ini merupakan salah satu ungkapan yang digunakan Allah untuk menunjukkan  istilah mahar. Shaduqat mengandung makna jujur, putih hati, bersih. Dengan demikian, harta yang diberikan dengan hati yang bersih dan suci kepada istri yang akan dinikahi sebagai amal shaleh. Hal tersebut sebagai wujud rasa kasih saynag dan ketulusan suami kepada istrinya yang memang pantas dalam pernikahan diantara kedua suami istri, sehingga jika istri rela untuk tidak dibayar maharnya, maka hal ini dibolehkan dengan syarat tidak ada unsur keterpaksaan.

         Menurut Prof. Dr. Quraish Shihab, M.A. Maskawin adalah lambang kesiapan suami untuk memberi nafkah lahir kepada istri dan anak-anaknya, dan selama maskawin itu bersifat lambang, maka sedikit pun jadilah.

2.     Redaksi Hadis

a    Shahih Bukori (4799)

 - حدثنا قتيبة حدثنا عبد العزيز بن أبي حازم عن سهل بن سعد الساعدي قال

 : جاءت امراة إلى رسول الله صلى الله عليه و سلم فقالت يا رسول الله جئت أهب لك نفسي قال فنظر إليها رسول الله صلى الله عليه و سلم فصعد النظر فيها وصوبه ثم طأطأ رسول الله صلى الله عليه و سلم رأسه فلما رأت المرأة أنه لم يقض فيها شيئا جلست فقام رجل من أصحابه فقال يا رسول الله أن لم يكن لك بها حاجة فزوجنيها فقال ( وهل عندك من شيء ) . قال لا والله يا رسول الله فقال ( اذهب إلى أهلك فانظر هل تجد شيئا ) . فذهب ثم رجع فقال لا والله ما وجدت شيئا فقال رسول الله صلى الله عليه و سلم ( انظر ولو خاتم من حديد ) . فذهب ثم رجع فقال لا والله يا رسول الله ولا خاتم من حديد ولكن هذا إزاري - قال سهل ما له رداء - فلها نصفه فقال رسول الله صلى الله عليه و سلم ( وما تصنع بإزارك إن لبسته لم يكن عليها منه شيء وإن لبسته لم يكن عليك شيء ) . فجلس الرجل حتى أذا طال مجلسه قام فرآه رسول الله صلى الله عليه و سلم موليا فأمر به فدعي فلما جاء قال ( ماذا معك من القرآن) . قال معي سورة كذا وسورة كذا عددها فقال ( تقرؤهن عن ظهر قلبك ) . قال نعم قال ( اذهب قد ملكتكها بما معك من القر)

b  Shahih Muslim (1425 )

حدثنا قتيبة بن سعيد الثقفي حدثنا يعقوب ( يعني ابن عبدالرحمن القاري ) عن أبي حازم عن سهل بن سعد ح وحدثناه قتيبة حدثنا عبدالعزيز بن أبي حازم عن أبيه عن سهل بن سعد الساعدي قال جاءت امرأة إلى رسول الله صلى الله عليه و سلم فقالت

 : يا رسول الله أهب لك نفسى فنظر إليها رسول صلى الله عليه و سلم فصعد النظر فيها وصوبه ثم طأطأ رسول الله صلى الله عليه و سلم رأسه فلما رأت المرأة أنه لم يقض فيها شيئا جلست فقام رجل من أصحابه فقال يا رسول الله إن لم يكن لك بها حاجة فزوجنيها فقال

 فهل عندك من شيء ؟

 فقال لا والله يا رسول الله فقال اذهب إلى أهلك فانظرهل تجد شيئا ؟ فذهب ثم رجع فقال لا والله ماوجدت شيئا فقال رسول الله صلى الله عليه و سلم انظر ولو خاتم من حديد فذهب ثم رجع فقال لا والله يا رسول الله ولا خاتم من حديد ولكن هذا إزاري ( قال سهل ما له رداء ) فلها نصفه فقال رسول الله ما تصنع بإزارك إن لبسته لم يكن عليها منه شيء وإن لبسته لم يكن عليك منه شيء فجلس الرجل حتى إذا طال مجلسه قام فرآه رسول الله صلى الله عليه و سلم موليا فأمر به فدعي فلما جاء قال ماذا معك من القرآن ؟ قال معي سورة كذا وكذا ( عددها ) فقال تقرؤهن عن ظهر قلبك ؟ قال نعم قال اذهب فقد ملكتها بما معك من القرآن

c    Sunan Abu Daud (2113)

 حَدَّثَنِى الْقَعْنَبِىُّ عَنْ مَالِكٍ عَنْ أَبِى حَازِمِ بْنِ دِينَارٍ عَنْ سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ السَّاعِدِىِّ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- جَاءَتْهُ امْرَأَةٌ فَقَالَتْ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنِّى قَدْ وَهَبْتُ نَفْسِى لَكَ. فَقَامَتْ قِيَامًا طَوِيلاً فَقَامَ رَجُلٌ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ زَوِّجْنِيهَا إِنْ لَمْ يَكُنْ لَكَ بِهَا حَاجَةٌ. فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « هَلْ عِنْدَكَ مِنْ شَىْءٍ تُصْدِقُهَا إِيَّاهُ ». فَقَالَ مَا عِنْدِى إِلاَّ إِزَارِى هَذَا. فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « إِنَّكَ إِنْ أَعْطَيْتَهَا إِزَارَكَ جَلَسْتَ وَلاَ إِزَارَ لَكَ فَالْتَمِسْ شَيْئًا ». قَالَ لاَ أَجِدُ شَيْئًا. قَالَ « فَالْتَمِسْ وَلَوْ خَاتَمًا مِنْ حَدِيدٍ ». فَالْتَمَسَ فَلَمْ يَجِدْ شَيْئًا فَقَالَ لَهُ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « فَهَلْ مَعَكَ مِنَ الْقُرْآنِ شَىْءٌ ». قَالَ نَعَمْ سُورَةُ كَذَا وَسُورَةُ كَذَا. لِسُوَرٍ سَمَّاهَا. فَقَالَ لَهُ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « قَدْ زَوَّجْتُكَهَا بِمَا مَعَكَ مِنَ الْقُرْآنِ».

d    Sunan Nasai (3359)

 أخبرنا هارون بن عبد الله قال حدثنا معن قال حدثنا مالك عن أبي حازم عن سهل بن سعد : أن رسول الله صلى الله عليه و سلم جاءته امرأة فقالت يا رسول الله إني قد وهبت نفسي لك فقامت قياما طويلا فقام رجل فقال زوجنيها إن لم يكن لك بها حاجة قال رسول الله صلى الله عليه و سلم هل عندك شيء قال ما أجد شيئا قال التمس ولو خاتما من حديد فالتمس فلم يجد شيئا فقال له رسول الله صلى الله عليه و سلم هل معك من القرآن شيء قال نعم سورة كذا وسورة كذا لسور سماها قال رسول الله صلى الله عليه و سلم قد زوجتكها على ما معك من القرآن

قال الشيخ الألباني : صحيح

e    Sunan Turmudzi (1138)

حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ عَلِىٍّ الْخَلاَّلُ حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ عِيسَى وَعَبْدُ اللَّهِ بْنُ نَافِعٍ الصَّائِغُ قَالاَ أَخْبَرَنَا مَالِكُ بْنُ أَنَسٍ عَنْ أَبِى حَازِمِ بْنِ دِينَارٍ عَنْ سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ السَّاعِدِىِّ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- جَاءَتْهُ امْرَأَةٌ فَقَالَتْ إِنِّى وَهَبْتُ نَفْسِى لَكَ. فَقَامَتْ طَوِيلاً فَقَالَ رَجُلٌ يَا رَسُولَ اللَّهِ فَزَوِّجْنِيهَا إِنْ لَمْ تَكُنْ لَكَ بِهَا حَاجَةٌ. فَقَالَ « هَلْ عِنْدَكَ مِنْ شَىْءٍ تُصْدِقُهَا ». فَقَالَ مَا عِنْدِى إِلاَّ إِزَارِى هَذَا. فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « إِزَارَكَ إِنْ أَعْطَيْتَهَا جَلَسْتَ وَلاَ إِزَارَ لَكَ فَالْتَمِسْ شَيْئًا » قَالَ مَا أَجِدُ. قَالَ « فَالْتَمِسْ وَلَوْ خَاتَمًا مِنْ حَدِيدٍ ». قَالَ فَالْتَمَسَ فَلَمْ يَجِدْ شَيْئًا فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « هَلْ مَعَكَ مِنَ الْقُرْآنِ شَىْءٌ ». قَالَ نَعَمْ سُورَةُ كَذَا وَسُورَةُ كَذَا. لِسُوَرٍ سَمَّاهَا فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « زَوَّجْتُكَهَا بِمَا مَعَكَ مِنَ الْقُرْآنِ ». قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ. وَقَدْ ذَهَبَ الشَّافِعِىُّ إِلَى هَذَا الْحَدِيثِ فَقَالَ إِنْ لَمْ يَكُنْ لَهُ شَىْءٌ يُصْدِقُهَا وَتَزَوَّجَهَا عَلَى سُورَةٍ مِنَ الْقُرْآنِ فَالنِّكَاحُ جَائِزٌ وَيُعَلِّمُهَا سُورَةً مِنَ الْقُرْآنِ. وَقَالَ بَعْضُ أَهْلِ الْعِلْمِ النِّكَاحُ جَائِزٌ وَيَجْعَلُ لَهَا صَدَاقَ مِثْلِهَا. وَهُوَ قَوْلُ أَهْلِ الْكُوفَةِ وَأَحْمَدَ وَإِسْحَاقَ



Dari semua hadis diatas diriwayatkan oleh Sahl bin Sa’ad, arti dan historisitas secara umum adalah sebagai berikut:

“Diriwayatkan dari Sahl bin Sa’ad r.a. dia telah berkata: “Pada suatu ketika seorang perempuan datang menemui Rasulullah SAW seraya berkata:” Wahai Rasulullah! Akudatang untuk menyerahkan diriku kepadamu.”Lalu Rasulullah SAW memandangnya sambil mendongkrak kepadanya dan memperhatikan dengan teliti kemudian beliau mengangguk-anggukkan kepalanya. Ketika perempuan itu mendapati Rasulullah SAW diam tanpa memberi keputusan, perempuan itu segera duduk, lalu bangkitlah seorang sahabat berkata:”Wahai Rasulullah! Sekiranya engkau tidak ingin mengawininya kawinkanlah akau dengannya.” Rasulullah SAW sgera bertanya:”Apakah kamu memiliki  sesuatu yang bisa dijadikan maskawin.” Lantas sahabat tersebut pulang, kemudian kembali menemui Rasulullah SAW dan berkata:” Demi Allah! Aku tidak mendapatkan apa-apa yang bisa dijadikan maskawin.” Maka Rasulullah berkata:” Carilah walaupun cincin besi.” Lalu sahabat itu pulang dan datang kembali serta berkata:” Wahai Rasulullah! Demi Allah aku tidak mendapatkan apa-apa walaupun cicin besi, tetapi aku hanya memiliki sarung ini, yaitu sarung yang hanya bisa menutupi bagian bawah badanku (Sahl berkata: Sahabat ini tidak mempunyai pakaian yang menutupi bagian atas badannya) karena yang separuh sudah aku berikan kepada perempuan tersebut.” Rasulullah bertanya:”Apa yang kau bisa perbuat dengan kainmu sekiranya engkau memakai kain itu?Apakah apabila dia memakai kain tersebut engkau tidak mempunyai apa-apa untuk dipakai? ” Sahabat  itu duduk terdiam  sekian lama kemudian bangun lalu berjalan mondar-mandir kesana-kemari. Rasulullah SAW melihat tingkah laku sahabat tersebut. Setelah itu Rasulullah memerintahkan supaya ia dipanggil. Setelah sahabat tersebut tiba, Rasulullah SAW bertanya.” Apakah kamu mempunyai Al-Quran?” Sahabat tersebut menjawab.” Aku hafal surat ini dan surat itu,” Lalu sahabat tersebut menghitungnya. Rasulullah kembali bertanya:” Apakah engkau bisa membacanya secara hafalan?” Sahabat tersebut menjawab:” Ya!” Rasulullah berkata:” Pergilah! Engkau telah memilikinya berdasarkan maskawin berupa ayat atau bsurat Al-Qur’an yang engkau hafal.”

   Hadis diatas menerangkan bahwa maskawin tidak harus berupa harta benda yang mahal. Mengajar Al-Qur’an atau sebuah cincin besi boleh dijadikan maskawin kalau memang tidak mempunyai apa-apa lagi, tetapi apabila mampu hendaknya maskawin yang diberikan itu terdiri dari benda yang bermanfaat. Semakin bermanfaat semakin baik maskawin itu.



3.   Kadar Mahar

            Mengenai besar kecilnya mahar tidak ada nash yang menentukan secara pasti tentang batas minimal maupun batas maksimal mahar yang wajib diberikan calon suami kepada calon isteri. Meskipun tidak ada batasan  maksimal, bukan berarti boleh berlomba-lomba memperbesar mahar, sebab mahar yang dikehendaki dalam Islam adalah bukan besar kecilnya, akan tetapi agar mahar ini tidak menjadi faktor pemberat yang akan menyebabkan kesulitan dalam pelaksanaan pernikahan.

            Kondisi ekonomi setiap individu berbeda-beda, ada orang kaya, adapula yang miskin, ada yang mudah mendapat rezeki adapula yang sangat susah  mendapatkannya. Oleh karena itu besar kecilnya mahar berdasarkan kemampuan masing-masing individu dan kesepakatan bersama kedua belah pihak (Suami/istri). Sebagaimana kasus dalam hadis berikut:

Dari Anas bahwa Aba Tholhah meminang Ummu Sulaim lalu Ummu Sulaim berkata, ” Demi Allah, lelaki sepertimu tidak mungkin ditolak lamarannya, sayangnya kamu kafir sedangkan saya muslimah. Tidak halal bagiku untuk menikah denganmu. Tapi kalau kamu masuk Islam, keislamanmu bisa menjadi mahar untukku. Aku tidak akan menuntut lainnya.” Maka jadilah keIslaman Abu Tholhah sebagai mahar dalam pernikahannya itu. (HR Nasa’i 6/ 114).

Semua hadist tadi menunjukkan kasus kasus yang terjadi di masa lalu, di mana seorang laki-laki yang punya kewajiban memberi mahar dengan nilai tertentu, tidak mampu membayarkannya. Hadits-hadits di atas tidak menunjukkan standar nilai nominal mahar di masa itu, melainkan sebuah pengecualian. Hal itu terbukti ketika Umar bin Khattab r.a berinisiatif memberikan batas maksimal untuk masalah mahar saat beliau bicara di atas mimbar. Beliau menyebutkan maksimal mahar itu adalah 400 dirham. Namun segera saja dia menerima protes dari para wanita dan memperingatkannya dengan sebuah ayat Al-Qur'an. Sehingga Umar pun tersentak kaget dan berkata,”Allahumma afwan, ternyata para wanita itu lebih faqih dari Umar.” Kemudian Umar kembali naik mimbar,”Sebelumnya aku melarang kalian untuk menerima mahar lebih dari 400 dirham, sekarang silahkan lakukan sekehendak anda.”

Dalam konteks kebiasaan mahalnya mahar wanita di zaman itulah kira-kira tepatnya hadits Rasulullah SAW berikut ini:

 Dari Aisyah ra bahwa Rasulullah SAW bersabda,” Nikah yang paling besar barakahnya itu adalah yang murah maharnya” (HR Ahmad 6/145) Namun hadits ini perlu dipahami dalam konteks wanita di masa itu yang sama sekali tidak mau bergeming dari tarif mahar yang diajukannya. Sedangkan untuk konteks kita di Indonesia, di mana kebiasaan kita memberi mahar berupa mushaf Al-Quran dan seperangkat alat shalat yang sangat murah, tentu perlu dipahami secara lebih luas.

Dari kasus hadis diatas dapat dipahami bahwa, kadar atau nominal mahar diukur dengan kemampuan dan kondisi ekonomi calon suami, sehingga mahar tidak menjadi kendala dalam pernikahan. Begitu pula dengan calon istri agar tidak memberatkan calon suaminya dengan mentarget nominal mahar yang tinggi. Calon Pria dan wanita  hendaknya membuat kesepakatan  terlebih dahulu, berapa dan apa mahar yang akan diberikan. Dengan kesepaktan seperti itu akan mewujudkan tujuan pernikahan yakni memnciptakan kehidupan keluarga yang sakinah mawaddah wa rahmah

4.   Jenis-Jenis Mahar

Jenis barang yang bisa dijadikan mahar dilihat dari manfaatnya dan bisa dimiliki serta dapat dijadikan atau ditukar dengan barang lain. Ulama fiqh sepakat bahwa mahar itu bisa dibedakan menjadi dua:

a    Mahar Musamma

               Mahar musamma  ialah mahar yang sudah disebut atau dijanjikan kadar dan besarnya ketika akad nikah.

b    Mahar Misil

               Mahar Misil , yaitu mahar yang tidak disebut besar kadarnya, pada saat sebelum ataupun ketika terjadi pernikahan. Bila terjadi demikian, mahar itu mengikuti mahar orang lain. Artinya suami wajib memberi mahar  semisal mahar kerabat wanita istrinya, seperti ibu atau saudara-saudara perempuannya.

C.  Hikmah mahar bagi suami dan isteri

Islam mensyari’atkan mahar tentu mempunyai maksud dan tujuan yang baik bagi pasangan suami isteri, menurut Dr. Yusuf Qardhawi ada empat hikmah disyari’atkannya mahar. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1.   Menunjukkan kemuliaan wanita, karena wanitalah yang dicari laki-laki bukan laki-laki yang dicari wanita. Laki-laki yang berusaha untuk mendapatkan wanita meskipun harus mengorbankan hartanya. Karena itu yang melamar atau meminang dalam proses perkawinan pada umumnya adalah laki-laki. Hal ini sangat berbeda dengan suku bangsa tertentu yang justru membebankan kepada wanita baik hartanya atau harta keluarga agar sang laki-laki mau mengawininya.

2.   Menunjukkan cinta dan kasih sayang seorang suami kepada isteri, karena maskawin itu sifatnya pemberian, hadiah atau hibah dalam bahasa Al-Qur’annya diistilahkan dengan nihlah (pemberian dengan penuh kerelaan), bukan sebagai pembayar harga wanita.

3.   Menunjukkan kesungguhan, karena nikah dan berumah tangga bukanlah main-main dan perkara yang bisa dipermainkan. Karenanya tidak bisa seorang laki-laki menikahi seorang wanita, lalu diceraikan begitu saja, kemudian ia kembali mencari wanita lain untuk diperlakukan seperti itu.

4.   Menunjukkan tanggung jawab suami dalam kehidupan rumah tangga dengan memberikan nafkah, karena laki-laki adalah pemimpin atas wanita dalam kehidupan berumah tangga dan berkawajiban untuk menafkahi istrinya baik secara lahiriah atau bathiniah.



D.  Kesimpulan

      Dari hadis nabi diatas memberi informasi, bahwa mahar merupakan syarat sahnya pernikahan, akan tetapi mahar bukan berarti harga seorang perempuan yang dibayar oleh seorang pria yang akan menikahinya. Mahar tidak hanya sebagai syarat untuk memenuhi kebutuhan biologis semata, melainkan ada nilai-nilai yang lebih penting dari itu.  Mahar sebagai sedekah (pemeberian), sebagai wujud kesetian dan tanggung jawab mempelai pria dan sebagai lambang bahwa seorang pria itu akan bisa menafkahi istri dan anaknya. Mengenai jumlah dan bentuknya tidak ada patokan yang pasti dalam  Al-Qur'an maupun hadis, namun yang terpenting adalah dapat memberi manfaat bagi perempuan tadi, serta tidak menyusahkan calon suami dalam memberikannya.



E.   Daftar Pustaka

Abidin, Slamet dan Aminuddin, Fiqih Munakahat 1, Bandung: Pustaka Setia, 1999.

Daradjat, Zakiah, Ilmu Fiqih Jilid 2, Yogyakarta: PT. Dana Bhakti Wakaf, 1995.

Fauzi Adhim, Mohammad, Kupinang Engkau dengan Hamdalah , cet VII: Yogyakarta: Mitra Pustaka, 1999.

Shihab, Quraish, Wawasan Al-Quran, Bandung: Mizan, 1997.

Takariawan, Cahyadi, Di Jalan Dakwah Aku Menikah, Yogyakarta: Media, 2003.

Software Al-Maktabah Al-Syamilah

Softfware Mausu'ah

2 komentar:

  1. Hmm,skrg aq jadi paham soal mahar,mksh y mas infonya ^_^

    BalasHapus
  2. Ayo semangat bang Tarib....!
    Terus lengkapi blogx, ane tunggu posting selanjutnya ..........!
    Numpang iklan, bagi anda yang boros pulsa tapi pengen dapat untung tdk mau buntung, kami beri solusix di web kami, http://www.pulsagram.com/?id=CN095114

    BalasHapus